AYAM GORENG KALASAN

AYAM GORENG KALASAN 

Resep Ayam Goreng Kalasan-Bagi anda yang sering travelling ke Yogyakarta pasti tidak asing dengan nama Kalasan. Benar, Kalasan adalah satu daerah di Sleman Yogyakarta. Yogyakarta di mata beberapa dari kita menganggap bahwa kota ini hanya terkenal dengan destinasi tempat wisatanya. Namun, bagi mereka yang tahu Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan destinasi tempat wisatanya yang mendunia tapi juga destinasi wisata kulinernya diantaranya adalah ayam goreng kalasan ini.
Ayam goreng kalasan terkenal dengan bumbunya yang meresap sampai ke dalam daging dengan cita rasa yang kuat serta tekstur daging yang empuk. Konon katanya resep ayam goreng kalasan ini sudah berumur ratusan tahun yang bertahan hingga saat ini dan berasal dari Candi Kalasan. Bagaimana yang anda fikirkan saat ini setelah membaca uraian tadi. Resep ayam goreng kalasan patut anda coba di rumah bersama keluarga. Apa saja yang harus disiapkan, mari kita simak dengan seksama.
ayam goreng kalasan



Bahan:
1 ekor ayam buras yang gemuk, potong 4 bagian
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt bawang putih
500 ml air kelapa
50 g gula Jawa, sisir
2 sdm kecap manis
1 lembar daun salam
minyak goreng

Bumbu, haluskan:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm lengkuas
½ sdt merica butiran
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan bawang putih hingga rata. Diamkan selama
1 jam.
2. Didihkan air kelapa bersama bumbu halus, daun salam, gula dan kecap manis.
3. Masukkan ayam, masak hingga kuah habis dan ayam lunak. Angkat dan tiriskan
ayam hingga dingin.
4. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kering. Angkat, sajikan hangat.
Untuk 6 orang

Seperti resep ayam goreng yang lain resep ayam goreng kalasan ini cocok disajikan dengan nasi putih yang masih hangat tentunya dengan sambal khas kalasan juga. Sudah pasti anda yang bisa menyajikan menu ini di rumah anda bersama keluarga akan mendapatkan pujian karena sesuai dengan namanya resep ini berasal dari Yogyakarta dan telah berumur ratusan tahun, anda dan keluarga tidak harus pergi ke Yogyakarta untuk menikmati ayam goreng kalasan ini karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga menambah kehangatan diantara keluarga anda di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AYAM GORENG KALASAN"

Posting Komentar