Cara Membuat Nasi Kucing ala Angkringan Jogja

Cara Membuat Nasi Kucing ala Angkringan Jogja

Nasi Kucing, Sate Telur Putuh,Ceker Bakar, menu khas yang ga bakalan hilang saat anda menikmati Angkringan ala Jogja, dimanapun Angkringan itu ada,Meski di Jogja juga terdapat banyak sekali tempat makan modern, namun tempat makan tradisionalnya tidak ditinggalkan. Banyak orang asli Jogja maupun orang dari luar kota Jogja yang lebih memilih menikmati hidangan makan ditempat makan tradisional Jogja yang terkenal dengan nama Angkringan.Angkringan Jogja menjadi tempat terfavorit banyak orang karena selain makannya yang super murah, namun rasanya sangat mewah, terlebih dengan jamuan si penjual yang selalu ramah. Menu yang dihadirkan di Angkringan Jogja beraneka ragam, dari menu minuman tradisional dengan kombinasi berbagai rempah, dilengkapi dengan aneka cemilan unik dan enak, serta menu utama yang selalu ada di sana.

Angkringan Jogja

Nah, dikesempatakan kali ini, Team Traveler Wisata Kuliner bakalan Bahas habis buat 3 Menu Faforite Angkringan Jogja, yaitu Nasi Kucing, Sate Telur Puyuh dan yang ketiga, Ceker Ayam Bakar, yuk kita mulai bahas menu pertama :
Resep Nasi Kucing
Resep dan Cara Buat Nasi Kucing

Bahan Utama Resep Nasi Kucing :

  1. Siapkan Nasi putih secukupnya.
  2. Siapkan Pembungkus (kertas minyak / daun pisang).
  3. Siapkan 150 gram ikan teri (goreng kering). (optional/ bisa diganti dengan lauk sesuai selera)

Bahan Sambal Resep Nasi Kucing :

  1. Siapkan 6 Bawang merah.
  2. Siapkan 5 Bawang putih.
  3. Siapkan 4 Tomat sayur.
  4. Siapkan Cabai kecil / rawit sesuai selerah.
  5. Siapkan 3 Cabai merah.
  6. Siapkan 1 sedok teh Terasi matang.
  7. Siapkan Gula secukupnya.
  8. Siapkan Garam secukupnya.

Cara Membuat Resep Nasi Kucing (Isi Sambal Ikan Teri) :

  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan terutama bahan Utama.
  2. Kemudian potong bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai merah menjadi beberapa bagian kecil dan goreng semuanya lengkap dengan cabai kecil hingga layu. Kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya siapkan cobek atau layah (bahasa jawa). Masukkan semua bahan sambal kedalam cobek atau layah, kemudian uleg hingga halus dan merata.
  4. Langkah berikutnya ambil nasi putih kurang lebih 400gram atau sekepal tangan dan  taruh diatas pembungkus kertas minyak atau daun pisang. Selajutnya letakkan ikan teri yang sudah digoreng matang, dan lumuri sambal diatas teri secukupnya. Lalu bungkus dengan rapi. 
  5. Lakukan proses ke 4 hingga nasi, ikan teri dan sambal habis.
  6. Nasi Kucing atau Sego Kucing siap dihidangkan.

Oke sekarang kita lanjut ke menu ke dua, Sate Telur Puyuh, silahkan baca di Artikel ini : Cara Buat Sate Telur Puyuh ala Angkringan Jogja

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Nasi Kucing ala Angkringan Jogja"

Posting Komentar